Melindungi diri dari kekuatan jahat dengan teknik Yoga Surya

Apa dan Bagaimana Yoga Surya?

Yoga Surya merupakan ritual pemujaan kehadapan Hyang Widhi,ekspresi bhakti para yogi jaman dulu yang diwujudkan dalam bentuk rangkaian asanas (yogic postures). Di Bali, ritual pemujaan Surya (Sanghyang Siwa Raditya) telah dikenal dalam lingkungan sulinggih sebagai praktek sadhana harian disebut Nyurya Sewana. Melalui Yoga Surya, energi vital jagat raya “disadap” masuk kedalam tubuh lewat penghayatan gerak (asanas),pernafasan (pranayama),konsentrasi (dharanam) dan penguncaran mantra. Masuknya energi vital Surya kedalam tubuh dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menstimulir bangkitnya kekuatan tenaga dalam (bio energy power). Pada saat yang sama 3 jalur utama prana (trinadhi) dibersihkan dari berbagai sumbatan (kotoran eterik) sehingga pergerakan daya hidup yang menghubungkan tubuh fisik dan tubuh halus menjadi lancar. Ketujuh pusat energi psikis (sapta cakra) dalam subtle body secara bertahap diaktifkan sehingga pusat pusat kesadaran halus ini memberi kontribusi optimal bagi system kerja organ tubuh secara menyeluruh.

Perasaan ringan dan nyaman, tubuh yang kuat dan pikiran segar adalah sebagian dari efek positip berlatih Yoga Surya.
Disamping itu, berkembangnya 7 pusat kesadaran (sapta cakra) pada lapisan halus tubuh berhubungan dengan perluasan emosi positip seperti berkembangnya potensi kebajikan, daya kecerdasan dan intuisi (intelegensia) serta mempersiapkan pertumbuhan rohani.  Singkatnya, latihan Yoga Surya disamping mendatangkan kekuatan fisik dan ketahanan bathin, juga sangat kondusif bagi usaha peningkatan kesadaran Ketuhanan (spiritualitas).

Yoga Surya dan Manfaatnya

Meditasi di Hrskesh, Himalaya Dengan melatih Yoga Surya berarti melakukan pemujaan atau mengembangkan bhakti kehadapan Hyang Widhi (Sanghyang Siwa Raditya) melalui praktek Asana Yoga. Gerakan Yoga Surya sangat praktis dan mudah dipelajari. Rangkaian 12 yogic postures ini dilakukan secara selaras dengan pengaturan nafas, daya cipta, mantra suci dan bhawa yang benar sehingga membentuk sebuah tarian bhakti, yang mana sang pemuja memperoleh kekuatan besar yang bersumber dari spirit dibalik matahari (Surya). Gerak keramat hasil intuisi suci para yogi ini dapat memancarkan medan energi, vibrasi spiritual untuk perlindungan hidup anda. Karena itu,tidak perlu ada kekawatiran lagi terhadap berbagai gangguan kejahatan seperti black magic atau kekuatan jahat  yang lainnya.
Perisai Suci Surya membebaskan Anda dari berbagai bentuk energi negatif eksternal semacam itu, seperti halnya cahaya matahari yang tidak saja mampu menerangi jagat raya melainkan juga sangat berkuasa mengusir segala kegelapan.

Disamping itu, Yoga Surya sangat bermanfaat sebagai alternatif pencegahan dan pengobatan berbagai penyakit seperti lever, maag, gangguan pencernaan, kurang darah, sering pusing, keluhan pada jantung, sakit pinggang, kelemahan seksual, mencegah pengerasan otot dan tulang, menguatkan saraf dan sebagainya.
Ritual pemujaan Surya dengan Yoga Asanas ini sangat dianjurkan sebagai terapi kesehatan menurut Kitab Kedokteran Hindu Ayur Veda.

Baca: Manfaat Yoga bagi hidup kita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *