Para tokoh Yoga Dunia peragakan teknik meditasi di Ubud

Tokoh-tokoh Yoga Dunia sedang memperagakan teknik-teknik meditasi dalam sebuah acara International Bali Meditasi Festival (IBMF) di lapangan Astina, Ubud pada hari Minggu (15/11) kemarin. Tokoh-tokoh tersebut adalah penuntun teknik meditasi yang sudah terkenal di Dunia seperti Ratu Bagus, Anand Krishna, Amina Wadud, Prabu Dharmayasa dan puluhan tokoh meditasi lainnya.

Puluhan penekun Meditasi dari berbagai negara seperti dari Jepang, Amerika Serikat, Brazil, Prancis dan kanada ikut ambil bagian untuk mendapat pengetahuan mengenai beragam teknik meditasi.

Teknik Meditasi yang menarik perhatian para peserta diantaranya adalah teknik meditasi angka yang dituntun oleh Prabu Dharmayasa . Dalam teknik ini, tokoh meditasi asal Ubud yang menetap di India ini menggunakan cara sederhana yaitu pemilihan angka sebagai fokus kosentrasi. Selain itu diperagakan juga teknik meditasi tertawa yang dituntun oleh Ratu Bagus. Teknik meditasi ini merupakan meditasi untuk menggetarkan jiwa dan badan sehingga mampu membangun kesadaran kebersamaan. Demonstrasi singkat meditasi tertawa mengundang aplaus para peserta.

Anand Krishna, Sebagai penggagas festival meditasi mengungkapkan teknik meditasi diperkenalkan dengan harapan para peserta memiliki gambaran umum mengenai teknik meditasi. Tujuannya agar meditasi di budayakan menjadi Gaya Hidup.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia, Jero wacik yang juga sempat hadir di Ubud memberi sambutan positif atas terselenggaranya Festival tersebut. Terpilihnya Ubud sebagai pusat kegiatannya juga dinilai sangat tepat, karena secara historis Ubud merupakan tempat penyegaran diri dengan vibrasi spiritualnya. “menurut literatur Lontar, Ubud berasal dari kata Ubad (Obat), jadi disinilah tempat yang cocok untuk menyegarkan diri.” ujarnya.

Festival meditasi ini direncanakan akan menjadi agenda tahunan dengan misi mewujudkan pertukaran informasi, pengalaman, pertukaran dan pemahaman silang budaya tentang Meditasi.

Memang di jaman sekarang ini banyak orang yang mulai sadar akan pentingnya kesehatan jiwa dan jasmani, sebetulnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat kita jadi sehat, salah satunya adalah dengan melakukan Meditasi dan Yoga.

1 comment for “Para tokoh Yoga Dunia peragakan teknik meditasi di Ubud

  1. Pingback: indokami.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *