Cara Membuat HTML

Belajar HTML

HTML adalah bahasa pemrograman yang sangat penting untuk dikuasai oleh siapapun yang menekuni dunia maya.Tutorial HTML kali ini adalah tentang bagaimana sebetulnya file HTML itu dibuat.
Dalam contoh sederhana kita melihat bahwa seluruh kode HTML berada di dalam tag <html>…</html>, dan didalamnya terdapat dua bagian yang harus di isi yaitu tag <head>…</head> dan tag <body>…</body>.


Contoh :

<html>
<head>
</head>
<body>
</body>
</html>

Tag Header :

Diantara tag <head> dan </head>, terdapat beberapa tag tambahan yang mempunyai peran penting terhadap halaman web anda walaupun tag tag yang ada diantara tag <head> dan </head> tidak dimunculkan oleh browser.

Tag HTML atau kode HTML yang muncul pada browser hanya yang berada didalam tag <body> dan </body>

Sebetulnya banyak tag yang ada diantara tag <head> dan </head>, namun kali ini saya akan menunjukan yang penting saja seperti:

<html>
<head>
<title> Judul Halaman </title>
<meta name=”keywords” content=”belajar HTML”/>
<link href=”style.css” rel=”stylesheet” type=”text/css”/>
</head>
<body>
</body>
</html>

Tag <title> Judul Halaman </title>, menyimpan sebuah judul untuk dokumen tersebut yang biasanya muncul pada Title Bar pada Browser.

Tag <meta name=”keywords” content=”belajar HTML”/>, menyimpan informasi tambahan tentang halaman HTML aktual, misalnya tentang kata kunci (keywords).

Tag <link href=”style.css” rel=”stylesheet” type=”text/css”/>, berfungsi untuk menghubungkan halaman HTML dengan dokumen lain yang berada diluarnya, salah satunya adalah menghubungkan file HTML dengan file stylesheet berformat CSS seperti contoh diatas.

Tag Body :

Seperti yang Saya katakan tadi bahwa hanya tag yang ada diantara tag <body>…</body> yang akan muncul pada Browser, jadi pada bagian inilah yang sangat penting untuk dijelaskan secara mendalam, mengingat begitu banyaknya tag tag HTML yang ada disini. Oleh karena itu, Saya akan menjelaskan secara bertahap bagaimana membuat file HTML dari awal.

Nah…. apa yang saya terangkan pada tutorial ini merupakan contoh-contoh sederhana dalam membuat file HTML atau membuat html , jadi kalau anda ingin mengetahui lebih mendalam tentang cara membuat html, cobalah mencari pada website lainya. banyak sekali Website yang menawarkan kemudahan untuk belajar HTML seperti free HTML code, HTML Template atau HTML blog.

2 tanggapan untuk “Cara Membuat HTML

  1. Ping-balik: Membuat kolom paragraf dengan css 3 « first time

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *