Mengenal Bahaya Gunung Berapi

Jauh di dasar perut bumi Bumi ada cairan dengan suhu yang sangat panas. Cairan yang sangat panas dan berwarna api itu disebut dengan Magma. karena suhunya sangat panas,apa pun yang terjatuh kedalamnya,besi baja yang paling keras sekalipun akan langsung meleleh.

Kenapa kita tidak merasakan panasnya? Karena bumi kita terdiri dari berlapis-lapis lempeng bumi,lempeng bumi kita mampu menahan panasnya magma. Magma itu tidak mau diam,bergerak terus menerus,bergolak seperti air yang mendidih. Karena aktif terus,maka ada sebagian magma yang bisa mendorong dan menerobos lempeng bumi.

Beruntunglah bumi mempunyai lubang-lubang tempat keluarnya magma,yang berupa kawah-kawah gunung berapi. Coba kalau tidak ada kawah gunung berapi, bisa dibayangkan betapa ngerinya jika magma itu nyelonong dari bawah rumah kita.

Ketika bergerak ke atas menerjang lorong kawah gunung berapi,bebatuan disepanjang lorong itu berguguran, bergemuruh kebawah dan menimbulkan gempa vulkanik. Itulah sekilas tentang penyebab terjadinya gunung meletus. Yang lebih penting adalah mengetahui kapan gunung berapi itu akan meletus, sehingga kita bisa bersiap-siap untuk menyelamatkan diri dan harta benda kita, jauh-jauh hari sebelum gunung berapi itu benar-benar meletus.

Karena gunung meletus sangat berbahaya! bahaya apa saja yang dapat ditimbulkannya? bahaya yang dapat ditimbulkannya adalah:

  1. Bahaya Lava, Lava adalah magma yang keluar dari perut bumi dan meluncur turun lewat lereng gunung. Karena amat panas,maka akan dapat membakar dan menghanguskan apa saja yang dilewatinya.
  2. Bahaya Lahar. Lahar adalah batuan-batuan dan pasir yang turun bersama air hujan. Lahar dapat menimbun dan merusak apa saja yang dilewatinya. Lahar justru terjadi bukan saat letusan. Jadi waspadalah!
  3. Bahaya Awan panas. Awan panas dapat turun kelereng ataupun kelembah gunung berapi beberapa kelo jauhnya. Awan panas ini dapat membuat apapun yang dilewatinya akan hangus terbakar, seperti pepohonan, bangunan, binatang apalagi manusia. Sangat berbahaya! Lebih berbahaya dari lava dan lahar itu sendiri. karena wilayah jelajahnya lebih luas.
  4. Bahaya Gempa Vulkanik. gempa vulkanik adalah gempa yang menyertai gunung meletus. Gempa ini dapat merobohkan bangunan dan pepohonan,jadi berbahaya juga!

Sumber: Tim Pusat Study Bencana.
Foto Illustrasi: Bencana Gunung Merapi 2010.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *