Ogoh ogoh ROBOT ???

Ogoh-ogoh Masa depan
Ogoh-ogoh Masa depan

Sebulan sebelum hari raya NYEPI, biasanya anak muda di Bali mulai sibuk untuk membuat Ogoh ogoh dalam rangka menyambut tahun baru Caka.
Seingat saya, sekitar tahun 1996 saya sudah mulai mengenal cara pembuatan ogoh ogoh, saat itu bahan yang digunakan adalah Bambu sebagai kerangka utama dan kertas pembungkus semen sebagai penutup kerangka, sedangkan kepala dari ogoh ogoh terbuat dari spon atau stereo foam.

Kalau dilihat dari bentuk ogoh ogoh saat itu, kebanyakan berbentuk raksasa dan binatang dan thema nya kurang bervariasi.
Seiring dengan perkembangan jaman, Ogoh ogoh telah ber-Evolusi, baik dari segi material, bentuk dan tema yang dibuat telah mengalami perubahan.
Kalau dulu Bambu sebagai kerangka utama, sekarang berubah menjadi Besi yang di las agar lebih kokoh dan dapat membuat bentuk yang lebih dinamis. Pada saat ogoh ogoh diarak pun sudah mengalami perubahan, sekarang banyak yang memanfaatkan teknologi electronik untuk menciptakan suatu efek yang berkesan lebih hidup, seperti penataan cahaya dan sound.

Nah, dari apa yang saya paparkan tidak bisa dipungkiri lagi bahwa perkembangan jaman telah memberikan inspirasi bagi kita dalam berkreasi, dan jika ini terus berlanjut dari tahun ke tahun akan selalu ada perubahan sesuai jamannya.

Bila saya bayangkan kedepannya nanti, ketika sesuatu bisa didapat dengan mudah, dan melihat kreativitas anak muda di Bali yang tiada henti…

mungkinkah Ogoh ogoh akan seperti robot?

Jika mungkin…, adakah perdebatan publik pro dan kontra ?

Bila ada…, siapakah yang harus disalahkan ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *